WELCOME TO MY BLOG:BERBAGI INFORMASI DAN BERINTERAKSI DALAM WADAH PENDIDIKAN GUNA MENCERDASKAN BANGSA

Senin, 12 Desember 2011

SILABUS MATA KULIAH DESAIN DAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAI

SILABUS

Mata Kuliah : Desain dan Perencanaan Pembelajaran PAI
Komponen : MKKP
Fakultas : Tarbiyah
Jurusan : PAI
Program : Strata I
Bobot : 4 SKS
Dosen Pengampu : Hamam Burhanuddin, M.PdI


Standar kompetensi : Memiliki pemahaman dan keterampilan tentang perencanaan dan
desain pembelajaran PAI
Diskripsi MK : Mata kuliah ini memuat tentang prinsip-prinsip penerapan

metodologi pembelajaran dalam proses pembelajaran PAI, serta teknik penyusunan desain pembelajarannya. Disamping itu mata kuliah ini memuat kajian tentang konsep PAI terpadu dan penerapan konsep life skill dalam proses pembelajaran PAI.
Urgensi mata kuliah : Mata kuliah ini diberikan agar mahasiswa memahami macam-
macam metode pembelajaran PAI, dan prinsip-prinsip pemilihannya, prinsip penyusunan desain pembelajarannya serta terlatih dalam menyusun desain pembelajaran, disamping itu juga, agar mereka memahami konsep PAI terpadu dan dapat menerapkan konsep life skill dalam proses pembelajaran PAI.
Topik Inti :
1. Memahami konsep umum tentang perencanaan dan desain pembelajaran
a. Pengertian desain pembelajaran
b. Pengertian perencanaan pembelajaran
c. Rambu-rambu desain pembelajaran
2. Kinerja guru dalam mendesain pembelajaran
a. Pentingnya perencanaan dan desain pembelajaran
b. Fungsi perencanaan dan desain pembelajaran
3. Menjelaskan pengertian tentang pendekatan sistem dalam pembelajaran
a. Dasar-dasar sistem pembelajaran
b. Pengertian pendekatan sistem
c. Ciri-ciri sistem pengajaran
4. Masalah-masalah pengajaran dan pemecahannya.
a. Strategi dasar merancang sistem pengajaran
b. Aplikasi pendekatan sistem dalam pembelajaran PAI
5. Model-model desain pembelajaran PAI
a. Pengertian model desain,
b. Macam-macam model desain pembelajaran.
c. Pola-pola pengembangan desain pembelajaran
d. Perbedaan model-model pembelajaran.
6. Langkah-langkah menyusun kompetensi
a. Langkah-langkah perumusan kompetensi dasar,
b. Langkah-langkah perumusan indikator dan
c. Langkah-langkah perumusan materi pembelajaran
7. Pemilihan strategi, media dan evaluasi pembelajaran
a. Strategi, media dan evaluasi pembelajaran
b. Pengertian strategi, media, dan alat evaluasi.
c. Perbedaan strategi, metode dan alat evaluasi.
d. Prosedur pemilihan metode, media dan alat evaluasi.
8. Kalender pendidikan, GBPP/Standar isi)
9. Praktik menyusun kalender dan silabus
10. Kreatifitas dalam rincian pekan efektif
11. Penyusunan program tahunan
12. Penyusunan program semester
13. Silabus dan sistem penilaian
14. Penyusunan satuan/Rencana Pembelajaran

Metode
1. Pertemuan pertama metode yang digunakan adalah metode ceramah dan tanya jawab. Dosen memberikan orientasi, motivasi dan aturan-aturan perkuliahan.
2. Pertemuan kedua dan seterusnya, pendekatan yang digunakan adalah diskusi dengan menggunakan makalah.

Evaluasi
1. Kehadiran dalam tatap muka di kelas dan
Partisipasi aktif kegiatan dalam kelas 15 %
2. Pembuatan tugas mandiri dan kelompok 20 %
3. Ujian Mid Semester dan 30 %
4. Ujian Semester 35 %
100 %


Sumber Referensi:
Ngainun Naim dan Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag, Materi Penyusunan Desan Pembelajaran PAI, Yogyakarta, Pustaka Pelajar 2007.
Dewi salma prawiradilaga, Prinsip Desain Pembelajaran (instructional Design Principle), Jakarta, UNJ 2007.
Munadir, Rancangan sistem pengajaran Depdikbud, Dikti, Jakarta,.
Drs. Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Rineka Cipta, Jakarta.
Prof. Dr. Oemar Hamalik, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem,Bumi Aksara, Jakarta, 2003.
Drs. Harjarito, Perencanaan Pengajaran, Rineka Cipta, Jakarta.
Karti Soeharto, dkk. Teknologi Pembelajaran, (Pendekatan Sistem, Konsepsi dan Model SAP, Evaluasi Sumber Belajar dan Media, SIC, Surabaya 2003.
Santi Mardiarti dkk, Buku Pembelajaran UNJ, Jakarta, 2007.
Drs. Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Rineka Cipta, Jakarta.
Drs. Moh. Uzer Uzman, Menjadi Guru Profesional, Remaja Rosda Karya, Bandung, 2001.
Drs. Muhaimin, M.A dkk. Strategi Belajar Mengajar, Citra Media, Surabaya, 1996.
Dr. Ahmad Tafsir, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Remaja Rosda, Bandung, 1998.
Dr. Zakiyah Daradjat dkk, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Bumi Aksara, Jakarta, 2000.
W.Gulo, SBM, Grasindo, Jakarta, 2004.
Dr. E. Mulyasa, M.Pd. KBK (Konsep Karakteristik dan Implementasi), Remaja Rosda, Bandung, 2000.
Depag RI, Sistem Pembelajaran, MP3A, Jakarta, 2006.
Dra. Roetiyah N.K. SBM, Rineka Cipta, Jakarta, 2001.
Deapg, RI, Standar penilaian di Kelas, Jakarta, 2003.
Depag RI, Pengembangan Kurikulum, MP3A, Jakarta, 2006.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar