WELCOME TO MY BLOG:BERBAGI INFORMASI DAN BERINTERAKSI DALAM WADAH PENDIDIKAN GUNA MENCERDASKAN BANGSA

Senin, 12 Desember 2011

SILABUS MATA KULIAH SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM

SILABUS


Program Studi : Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Kode Mata Kuliah : -
Nama Mata Kuliah : Sejarah Pendidikan Islam
Jumlah SKS : 2
Semester : III


I. Deskripsi Mata Kuliah

Sejarah Pendidikan Islam membahas perkembangan Islam pada umumnya dan sekaligus pendidikan Islam sebagai proses pentransferan materi dan nilai-nilai ajaran Islam. Proses pentransferan yang selalu berkembang sebagai hasil interaksi para ulama dan cendekiawan dari pengaruh kerajaan di Indonesia, budaya bangsa Timur Tengah dan Eropa. Pengaruh-pengaruh tersebut
memberi warna terhadap bentuk, sistem, muatan materi, ciri dan dinamika pendidikan di Indonesia termasuk di dalamnya pendidikan Islam. Dinamika pendidikan Islam dari masa kemasa mempunyai ciri yang unik, diantaranya berkembang dari surau maupun langgar, sorogan dan klasikal, sekolah dan madrasah, pondok / pesantren ada sekolahnya atau sekolah perlu ada pondok pesantren ’kilatnya’ sampai dengan sekolah-sekolah Islam modern maupun terpadu.
Mata kuliah ini memberikan pemahanan kepada mahasiswa tentang sejarah pendidikan Islam menambah wawasan serta dapat mengambil contoh dari para pendahulu atas perjuangannya dan dapat meningkatkan eksistensi pendidikan Islam di masa datang.

II. Standar Kompetensi

1. Memahami pengertian, tujuan dan kegunaan mempelajari Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia.
2. Memahami bentuk, tujuan, materi dan pengelolaan pendidikan Islam sebelum kemerdekaan RI.
3. Memahami bentuk, materi, pendidikan Islam pada masa Kerajaan Islam di Indonesia.
4. Memahami bentuk, sifat, materi pendidikan yang dikelola Lembaga Keagamaan Islam / Ormas Islam
5. Memahami bentuk, sifat, tujuan pendidikan Islam setelah kemerdekaan RI.
6. Memahami bentuk, sifat, materi dan tujuan pendidikan Islam pada masa Orde Baru
7. Memahami dinamika perkembangan pendidikan Islam modern.

III. Materi Pokok
1. Pengertian Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia
a. Menjelaskan Pengertian Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia
b. Identifikasi obyek kajian Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia
c. Identifikasi manfaat Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia
2. Periodisasi sejarah pendidikan Islam di Indonesia
a. Masa Kerajaan Islam
b. Masa Penjajahan Hindia Belanda
c. Masa Penjajahan Jepang
d. Masa kemerdekaan
3. Sistem Pendidikan Islam pada Langgar dan Pondok Pesantren
a. Sistem pendidikan pada surau/langgar
b. Sistem pendidikan pondok pesantren
4. Pendidikan Islam pada masa Kerajaan Islam di Indonesia
a. Pendidikan Islam pada masa Kerajaan Islam di Indonesia, bentuk isi dan sifatnya
b. Beberapa kerajaan Islam yang berkembang di Indonesia
c. Masa kejayaan dan kemunduran kerajaan Islam di Indonesia
5. Organisasi keagamaan sebagai penyelenggara pendidikan
a. Macam-macam Organisasi keagamaan sebagai penyelenggara pendidikan.
b. Ciri-ciri, bentuk dan sifat pendidikan
6. Sistem pendidikan islam pada masa Organisasi keagamaan
a. Perserikatan Ulama,
b. Muhammadiyah,
c. Nahdhotul Ulama,
d. Al Irsyad, perannya dalam pengembangan pendidikan Islam di Indonesia
7. Sistem pendidikan islam pada masa Organisasi keagamaan Jamiatul al-Khairiyah, Persis (Persatuan Islam), Jamiatul Washilah perannya dalam pengembangan pendidikan Islam di Indonesia
8. Pendidikan Islam di Indonesia pada masa Hindia Belanda
a. Ciri-ciri pendidikan Islam pada masa Hindia Belanda
b. Pengaruh penjajahan Belanda terhadap perjalanan pendidikan Islam (bentuk, isi, dan sifatnya)
9. Pendidikan Islam di Indonesia atas penjajahan Jepang
a. Ciri-ciri pendidikan Islam pada masa penjajahan Jepang
b. Pengaruh penjajahan Jepang terhadap perjalanan pendidikan Islam (bentuk, isi, dan sifatnya)
10. Pendidikan Islam pada masa Orde Lama
a. Pendidikan Islam pada masa Orde Lama (ciri, bentuk, peran pemerintah)
b. Ciri-ciri, bentuk pendidikan pada masa Orde Lama
c. Peran pemerintah orde lama dalam mengembangkan pendidikan Islam
11. Pendidikan Islam pada masa Orde Baru
a. Pendidikan Islam pada masa Orde Baru (ciri, bentuk, peran pemerintah)
b. Ciri-ciri, bentuk pendidikan pada masa Orde Baru
c. Peran pemerintah orde baru dalam mengembangkan pendidikan Islam
12. Memahami dinamika pendidikan Islam di era Modernitas
a. Bentuk pendidikan Islam pada masa Modern
b. Menjelaskan isi pendidikan pada masa Modern

Referensi :
Abdurrahman Mas’ud, Dinamika Pesantren dan Madrasah, (Yogyakarta: IAIN Walisongo dan Pustaka Pelajar 2002).
Abudin Nata, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004,
Amin Haedari, Masa Depan Pesantren (Jakarta: IRD Press, 2005).
Arbiyah Lubis, Pemikiran Muhammadiyah dan Muh. Abduh, Jakarta: Bulan Bintang, 1993.
Azumardi Azra, Islam Reformis, Dinamika Intelektual dan Gerakan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, Cet. I, 1999.
, ”Surau di Tengah Krisis: Pesantren dalam Perspektif Masyarakat”,dalam Pergulatan Dunia Pesantern: Membangun dari Bawah (Jakarta: P3M, 1985).
Deliar Noer, Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1942, Jakarta: LP3ES, 1973.
Dr. Syamsul Nizar, Sejarah dan Pergolakan Pemikiran Pendidikan Islam, (Potret Timur Tengah Era Awal dan Indonesia), Jakarta: Quantum Teaching, 2005.
Drs. H. Danasuparti Djumhur, Sejarah Pendidikan, Bandung: CV Ilmu, 1974.
Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1996.
Karel A. Steenbrink, Pesantren, Madrasah, Sekolah, (Jakarta: KP3ES, 1986).
M. Amin Haedari, Masa Depan Pesantren dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Kompleksitas Global (Jakarta: IRD Press, 2004)
Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren (Jakarta: INIS, 1994).
Prof. Dr. Mahmud Yunus, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta Pusat, Mutiara Sumber Widya, 1995.
Suwendi, Sejarah & Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.
Winarna Surahmad, Reformasi Pendidikan Muhammadiyah Suatu Keniscayaan, Yogyakarta: Pustaka SM, 2003.
Yasmadi, Modernisasi Pesantren, (Jakarta: Ciputat Press, 2002).
Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai (Jakarta: LP3ES, 1982).
Zuhairini, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar